Pelayanan Paspor Simpatik Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare dalam Rangka Hari Bhakti Imigrasi ke 70

Ngopi Bareng Imigrasi dan Media, refleksi akhir tahun 2019

Hibur Pengunjung, Imigrasi Parepare Disulap Jadi “Cafe” Sehari

 

Ada yang berbeda dari tampilan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare, khususnya di ruangan pelayanan pembuatan paspor, Rabu, (23/1/2019). Layaknya cafe atau warung kopi, Imigrasi Parepare menyiapkan kopi yang dinikmati dengan hiburan life music band lokal, sebagai salah satu terobosan Imigrasi dalam memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke-69. Bedanya, jika di warkop atau Cafe para pengunjung merogoh kocek untuk membayar sesuai pesanan kopi, namun di Imigrasi, diberikan secara cuma-cuma. Bahkan, pengunjung yang lahir pada 26 Januari, diberi pelayanan gratis dalam pembuatan paspor.

Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Parepare, Noer Putera Bahagia mengatakan, suasana baru dengan menghadirkan tema “Passport-Coffee-Music-Parepare” untuk memberikan suasana nyaman bagi pengunjung. “Kita coba hadirkan suasana cafe di kantor imigrasi selama sehari. Tujuannya untuk menghibur masyarakat yang sedang mengurus paspor dengan hiburan, sambil menikmati secangkir kopi dan makanan agar mereka rileks menunggu paspornya diterbitkan,” ujar pria berkacamata ini. Program rangkaian peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-69 ini kata dia, murni merupakan terobosan Imigrasi Parepare, melihat menjamurnya warung kopi yang kini menjadi salah satu idola di kalangan masyarakat. “Jadi kami mengonsep antara paspor, musik, kopi, dan Parepare menjadi sebuah kesatuan yang tidak terpisahkan.
Parepare tempat nongkrong sambil minum kopi dalam menghasilkan inspirasi, musik membuat kita bisa berimprovisasi,” papar mantan Jurnalis ini. Ke depan kata dia, pelayanan seperti ini dapat dihadirkan secara berkesinambungan untuk memanjakan pengunjung. Minimal dengan menyiapkan air minum, snack, ruang Ibu menyusui, dan tempat bermain anak. “Hari ini kita siapkan semua. Jadi selain kopi, musik, juga ada tempat bermain anak, ada pojok baca. Ke depan Insya Allah kita berlakukan setiap hari, walaupun bukan kopi, minimal air aqua dan snack,” janji Noer Putera Bahagia. Dari pantauan rakyatsulsel.co, inovasi Imigrasi Parepare dalam menghadirkan suasana Cafe bagi pembuat paspor membuat pengunjung terlihat santai. Beberapa di antara mereka terlihat larut, serta menyumbangkan lagu. Imigrasi pun menghargai dengan memberikan cindera mata bagi pengunjung yang ikut bernyanyi.

“Keren, ini inovasi yang sangat bagus, cukup menghibur para pengunjung. Kami tidak merasa bosan menunggu antrean pembuatan paspor karena kita dihibur musik, dan disediakan kopi. Harapan kami, siapa tahu bisa seterusnya seperti ini,” harap Hasnita Thalib, salah satu pengunjung yang ikut bernyanyi dalam event itu. (Yanti)

Imigrasi Mengajar, Kakanim Parepare Tampil Menginspirasi

Dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke-69, Imigrasi Kelas II TPI Parepare menggelar program ‘Imigrasi Mengajar’ di SMA Negeri 1 Parepare, Selasa, (22/1/2019). Kepala UPT SMAN 1 Parepare, Ermin menyampaikan apresiasi dijadikannya Smansa, kependekan salah satu sekolah unggulan di Parepare ini sebagai sekolah pertama yang disasar dalam program ‘Imigrasi Mengajar’. “Terima kasih kepada Bapak Kepala Imigrasi menjadikan SMA 1 sebagai sekolah prioritas dalam sosialisasi keimigrasian,” ucap Ermin. Saat tampil di hadapan siswa, Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Parepare, Noer Putera Bahagia terlihat tampil energik, penuh semangat layaknya seorang guru yang memberi inspirasi.

Mengawali materi tentang Keimigrasian secara umum, Noer Putera Bahagia menghipnotis perhatian siswa dengan yel-yel yang dibuatnya. “SMANSA Parepare….., luar biasa, fantastis, saya di sini,” seru Kakanim berkacamata ini diikuti 100 siswa. Yel-yel ciptaan Kakanim ini nampaknya mampu membuat siswa fokus menerima materi, dan aktif berinteraksi.

Selain memberikan informasi tentang keimigrasian, mantan Kasi Intelijen dan Penindakan Imigrasi TPI Makassar ini menanyakan tentang peminatan atau cita -cita siswa. “Ada yang bercita-cita kerja di Imigrasi di sini?,” tanyanya, sembari terlihat beberapa orang siswa mengacungkan tangan.

Ilal Khairin Al Hafid, salah seorang siswa kelas X MiPA 1 SMAN 1 Parepare mengaku senang dengan hadirnya pejabat Imigrasi datang ke sekolahnya. Penampilan Kakanim dalam membawakan materi kata dia, juga tak kalah dengan cara gurunya dalam mengajar. “Keren Pak Kepala Kantor Imigrasi. Seru, dan mampu membangkitkan semangat-semangat kami dalam menerima materi. Saya jadi terinspirasi mau kerja di Imigrasi,” aku Ilal, sapaan Alumni SMP Negeri 2 Parepare ini. Selain Kakanim, Kasi Intelijen dan Penindakan, Indra Gunawan dan Kasi Lalu Lintas dan Ijin Tinggal, Mulyadi juga membawakan materi sesuai tupoksi keduanya. (*)

https://www.rakyatsulsel.co/2019/01/22/imigrasi-mengajar-kakanim-parepare-tampil-menginspirasi/

Noer Putera Bahagia, Lantik Pejabat Administrasi Kantor Imigrasi Parepare

Rabu,  21   November 2018 Kantor Imigrasi kelas II TPI Parepare menggelar upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan  Pejabat Administrasi di Lingkungan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare.

Pelantikan ini diawali dengan menyanyikan Lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan Panca Bhakti Insan Imigrasi.

Noer Putera Bahagia melakukan pengambilan sumpah Jabatan 4 orang Pejabat administrasi diantaranya Mukhlis Akbar, SH sebagai Kepala Sub Seksi Teknologi Informasi Keimigrasian, Mulawarman,SH sebagai Kepala Urusan Keuangan,  Syamsiar, SE sebagai Kepala Urusan Umum dan Nurdania,S.Pd  sebagai Kepala Urusan Kepegawaian pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare.

Kepala Kantor Noer Putera Bahagia, melantik sekaligus menyematkan Tanda Jabatan kepada para Pejabat yang dilantik.

Dalam  sambutannya Noer Putera Bahagia mengajak kepada seluruh Pegawai untuk  selalu menjaga etos kerja sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat untuk melakukan hal yang terbaik bagi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare.

“Pelantikan ini hendaknya kita maknai untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja dan menyelenggaran tugas serta pelayanan kepada masyarakat secara maksimal.  Mari kita sama sama merintis dan berkomitmen mewujudkan Zona Integritas Wiayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi  Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare.”  Ungkapnya

Pengambilan sumpah jabatan dan Pelantikan Pejabat Administrasi di Lingkungan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare.